January 24, 2022
EMBUNG-KENITU BLOG DANGKAL

Tempat Wisata Embung Kenitu, Cocok untuk Mampir Saat Gowes

Sekarang di Banyuwangi sudah dibuka tempat wisata embung kenitu namun ini cukup berbeda dengan destinasi lainnya. Disini sangat cocok untuk tujuan para pesepeda saat istirahat dan bersantai.

Dengan kebutuhan ekonomi masyarakat lokasi wisata seperti ini sekarang dijadikan sebagai pemasukan tambahan. Lokasi dikelola sendiri oleh masyarakat sekitar untuk membantu tulang punggung perekonomian setempat.

Sebenarnya lokasi tersebut sudah dibuka sejak bulan Juli 2021, namun pengerjaannya baru selesai sempurna pada awal Oktober. Tentu saja masih membutuhkan pengembangan lain agar bisa lebih maksimal lagi.

Ditinjau dari segi lokasi tentu saja sangat cocok untuk para pesepeda yang hendak beristirahat. Karena memang jalur desa Setail tersebut sering digunakan oleh para pesepeda lokal sebagai jalurnya.

Daerah persawahan dan jalanan pedesaan yang masih asli membuat suasana menjadi lebih menyenangkan. Tidak jarang orang dari Banyuwangi kota sengaja memilih rute jalur desa Setail sebagai pilihannya.

Disitu semua lokasi masih terasa asri karena memang daerah perkampungan sendiri cukup jarang ditinggali. Oleh karena itu lokasinya memang sangat strategis sebagai destinasi wisata lokal.

Bagi Anda yang penasaran tentang bagaimana review jujur dari lokasi ini tidak perlu khawatir. Kami akan memberikan ulasan secara jujur sehingga semua kekurangan dan kelebihan dapat menjadi pertimbangan.

Karena ketika hanya menunjukkan kelebihan saja maka para pengunjung nanti bisa kecewa ketika tidak sesuai dengan estimasi. Jadi tidak ada salahnya mengetahui plus minus dari lokasi tujuan ini.

Posisi Tempat Wisata Embung Kenitu

Lokasi wisata ini tepatnya ada di dusun Jalen desa Setail Kecamatan Genteng kabupaten Banyuwangi. Lokasi ini masih terbilang baru dengan tema sederhana yang menyuguhkan pemandangan khas perkampungan.

Sebelumnya trek dusun jalen ini memang sering dijadikan jalur bersepeda oleh para penggemar gowes. Jalurnya yang masih asri dan terletak di perkampungan membuat semakin nyaman ketika dilewati oleh para pesepeda.

Tentu saja karena melihat banyaknya penggemar sepeda membuat para pemuda desa berinisiatif untuk membuat sebuah tempat peristirahatan. Karena sejauh trek tersebut memang tidak terdapat tempat perhentian.

Tempat wisata embung kenitu menjadi satu-satunya pos peristirahatan yang ada dalam jalur sepeda disitu. Sehingga para pesepeda tidak perlu harus menempuh jalan panjang menuju Sempu untuk mendapatkan lokasi peristirahatan.

Memang keberadaannya sangat tepat dan cocok dijadikan peristirahatan karena sepi berada di tengah lahan persawahan. Tentu ini menjadi poin plus dan minus karena faktor lokasi tersebut.

Jika ditinjau dari segi lokasi ini juga termasuk strategis dan cukup instagramable. Terutama ketika Anda datang sore hari pada saat matahari hendak tenggelam dimana memberikan panorama indah.

Dengan luasnya areal persawahan membuat langit senja semakin syahdu ketika dijadikan tempat peristirahatan. Lokasinya juga cukup terbuka sehingga mudah menjaga protokol kesehatan.

Bagi orang yang bersepeda tentu saja ini sangat cocok karena dapat menjadi sebuah destinasi. Untuk beristirahat juga nyaman karena semilir angin persawahan dijamin bisa membuat suasana syahdu.

Sejarah Singkat Tempat Wisata Embung Kenitu

Tidak ada sejarah khusus yang melatarbelakangi didirikannya lokasi wisata ini selain dari tuntutan ekonomi masyarakat lokal. Namun untuk pemilihan nama ada beberapa hal unik dibelakangnya.

Embung dalam bahasa lokal artinya adalah bendungan air yang ukurannya tidak besar. Ini sama dengan yang ada di sebelah warung kopi embung kenitu ini sehingga cocok ketika dijadikan namanya.

Kenitu adalah nama pohon yang mungkin sudah diketahui oleh banyak orang. Sedangkan ketika meninjau tempatnya langsung sama sekali tidak terdapat pohon kenitu terlihat tumbuh.

Jadi pohon kenitu itu sendiri sudah ditebang dan dijadikan lahan warung kopi. Sehingga nama tempat wisata embung kenitu berasal dari permainan kata etimologi yang sudah dijelaskan tadi.

Kemudian kita melihat aspek dorongan ekonomi yang menjadi latar belakang utama berdirinya tempat. Jadi warga jalen memang sedang kesulitan dari segi ekonomi karena terpaan pandemi.

Sehingga banyak warga yang mendadak kehilangan mata pencaharian dan membuat mereka harus berpikir ekstra. Karena melihat potensi daerah yang cukup bagus maka tempat ini akhirnya berdiri.

Banyak orang yang melintas di daerah tersebut menjadi sebuah inspirasi bagi warga sekitar. Apalagi tidak sedikit warga melihat para pesepeda kelelahan karena memang tidak ada tempat beristirahat yang nyaman.

Warga kemudian berkoordinasi pada perangkat desa dan akhirnya oleh kepala desa Setail diberi lampu hijau. Simbiosis antara pemerintah desa dan warga akhirnya mewujudkan sebuah destinasi wisata alternatif baru.

Keunggulan Tempat Wisata Embung Kenitu

Ada beberapa aspek yang dapat dijadikan pertimbangan ketika memutuskan mengunjungi lokasi ini. Kami akan memberikan tiga keunggulan agar Anda mampu menjadikannya sebagai sebuah daya tarik.

  1. Murah

Ini adalah tempat beristirahat paling murah, tidak ada tarif parkir dan sebagainya. Lokasinya juga berada di jalanan persawahan sehingga sepeda dapat ditempatkan dimana saja.

Dari segi jajanan yang ditawarkan sendiri harganya juga murah meriah. Menu yang disediakan juga sederhana jadi tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membelinya.

  1. Pemandangan Alami

Lokasinya berada tepat di tengah areal persawahan utama dusun jalen. Jadi sejauh mata memandang yang ada hanya hamparan sawah menjadi menu penyejuk mata.

Lokasi sekitar juga masih alami sehingga bagi orang kota dapat menjadi salah satu sarana refreshing bagi orang kota. Tentu saja ini dapat menjadi pertimbangan sebelum mengunjunginya.

  1. Berada di Rute Gowes

Dusun jalen memang sudah sering dijadikan rute gowes para penggemar sepeda. Sehingga tempat wisata embung kenitu berada di jalur yang sempurna untuk dikunjungi.

Ketika Anda lelah bersepeda tidak perlu ragu untuk menyempatkan diri mengunjunginya. Tidak perlu uang banyak untuk bisa beristirahat dan menikmati pemandangan sekitar.

Dengan tiga keunggulan tersebut tentunya dapat dijadikan sebuah pertimbangan ketika mengunjunginya. Para pengunjung juga dapat menjadikan base camp ketika bersepeda di jalur tersebut.

Bagi para pesepeda yang kebetulan melintas tentunya ini menjadi salah satu daya tarik kuat. Anda bisa beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan dari desa Jalen menuju ke daerah sempu.

Kekurangan Tempat Wisata Embung Kenitu

Setelah mengetahui keunggulannya Anda harus mengetahui apa saja kekurangan dari lokasi tersebut. Sehingga nanti bisa memperkirakan apakah nyaman dijadikan tempat beristirahat atau tidak.

  1. Sarana Prasarana Belum Lengkap

Karena masih baru saja dibuka maka sarana prasarana dari lokasi wisata masih minim. Belum terdapat lokasi MCK dan tempat ibadah bagi para pengunjung yang membutuhkan.

Tentu saja ini sangat membatasi kenyamanan dan durasi kunjungan dari para pengunjung. Mungkin dalam waktu dekat sarana prasarana akan ditambahkan untuk meningkatkan kenyamanan.

  1. Jalur Menuju Lokasi Buruk

Karena kita membahas destinasi wisata cukup terpencil tentu saja jalanan menuju kesana sangat buruk. Jadi memang para pesepeda bisa cukup sengsara ketika hendak menuju kesana.

Kemudian ketika menjelang malam penerangan jalan juga masih minim karena lokasinya terpencil. Sehingga mengunjunginya menjelang malam kurang direkomendasikan.

  1. Menu yang Ditawarkan Biasa Saja

Apabila Anda menginginkan lokasi wisata dengan pilihan menu bervariasi maka jangan kesini. Hingga saat ini menu yang disediakan di lokasi masih sangat terbatas.

Sehingga belum ada keunikan tersendiri yang dijadikan sebagai ujung tombak penarik perhatian. Oleh karena itu jangan berharap terlalu lebih ketika mendatangi embung kenitu.

Ketika sudah mengetahui semua kelemahan tersebut tentunya masih terlihat bahwa destinasi belum terlalu optimal. Jika hanya sekedar mampir dan beristirahat saja ini memang masih layak untuk dituju.

Namun ketika mencari lokasi unik dan meninggalkan kesan lebih baik tidak kesini. Tentu dengan segala pertimbangan tersebut Anda bebas menentukan mengunjungi tempat wisata embung kenitu atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *