January 25, 2022
taman wisata jawatan

Taman Wisata Jawatan, Apakah Secantik Kelihatannya

Sempat viral di media sosial taman wisata jawatan yang terlihat seperti dalam film lord of the ring. Namun apakah benar lokasi tersebut memiliki suasana yang sama seperti pada film ternama itu.

Disini kami akan membahas secara jujur apa saja yang bisa Anda dapatkan pada lokasi wisata tersebut. Jadi ketika nanti sampai bisa sesuai ekspektasi karena memang banyak review yang sering melebihkan.

Untuk menarik wisatawan memang melebihkan sebuah kenyataan itu baik. Namun ketika nanti akhirnya ekspektasi para pengunjung tidak sesuai tentu saja justru dapat mencoreng nama dari destinasi.

Oleh karena itu kami berusaha menjadi reviewer paling netral agar nanti plus dan minus bisa diketahui. Apa yang Anda lihat dari media sosial belum tentu sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Jawatan sendiri sebenarnya sudah berdiri jauh sebelum ketenarannya masuk dalam media sosial. Bahkan awalnya tempat tersebut bukan menjadi destinasi wisata namun sebagai sebuah lokasi lain.

Jadi tidak ada salahnya untuk menggali sedikit terkait sejarah lokasi sebelum memutuskan mengunjunginya. Sehingga nantinya atmosfer lokasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera.

Dari segi view sendiri memang tidak kalah dengan taman lain yang ada di Indonesia. Namun selain dari kelebihan juga tentu ada kekurangan yang tidak banyak diceritakan oleh awak media.

Alamat Lengkap Taman Wisata Jawatan

Lokasinya berada di desa Benculuk kecamatan Cluring kabupaten Banyuwangi. Dari kota dibutuhkan waktu sekitar 30 menit ketika berkendara menggunakan mobil atau sepeda motor dengan kecepatan sedang.

Jalan masuknya berada di seberang alfamart benculuk, atau tepat di seberang sate ayam dan jamur pak beton. Alamat tersebut sangat mudah ditemukan bahkan hutannya juga sudah terlihat dari jalan kota.

Memang banyak orang mempromosikannya sebagai sebutan hutan, namun kenyataannya adalah sebuah taman. Lokasinya juga berada di tengah kota dan dekat dengan jalanan besar sehingga mudah ditemukan.

Banyak pengunjung taman wisata jawatan tertarik karena lokasinya mudah ditemukan dan juga pilihan lain banyak. Dari jawatan seorang wisatawan dapat meneruskan perjalanannya menuju tempat lain.

Namun kami rekomendasikan untuk menjadikan jawatan sebagai destinasi terakhir karena semakin sore akan lebih bagus. Jangan mengunjunginya pagi atau siang hari karena ramai dan tema seperti di foto tidak keluar.

Oleh karena itu perencanaan dalam melakukan perjalanan juga penting agar nanti bisa mendapatkan hasil maksimal. Di Banyuwangi sendiri memang banyak lokasi serupa yang hanya cantik ketika dikunjungi pada jam tertentu.

Jadi para pengunjung sendiri juga perlu lebih teliti dalam mengatur jadwal agar bisa memperoleh pengalaman terbaik. Menentukan musim berkunjung juga penting agar nanti bisa membawa foto yang bagus.

Sangat direkomendasikan mengunjunginya pada musim hujan karena suasana akan berkabut. Bagi penggemar LOTR tentu saja bisa merasakan atmosfer kabut ini pada sore hari saat kesana.

Sejarah Singkat Taman Wisata Jawatan

Pada awalnya jawatan perhutani banyuwangi merupakan sebuah lokasi penimbunan kayu tersohor pada tahun 1951 hingga 1962. Pada lokasi tersebut juga terdapat kereta uap yang digunakan untuk mengangkutnya.

Hingga sekarang masih ada sisa rel yang tersebar di daerah Sraten, Srono, dan Rogojampi. Artinya memang benculuk termasuk sebuah sentra perdagangan produktif pada masanya.

Setelah tahun 1962 lokasi tersebut hanya digunakan untuk keperluan administrasi dan lokasi penimbunan kayu jati yang belum habis. Jadi memang penggunaannya sudah sedikit berkurang dari sebelumnya.

Kemudian pada tahun 1970 daerah Banyuwangi memang berada pada masa krisis. Banyak penjarahan dilakukan sehingga semua kayu jati berkualitas di lokasi tersebut hilang entah kemana.

Sejak saat itu keberadaannya sudah menjadi tidak signifikan dan ditinggalkan begitu saja. Ini adalah cikal bakal taman wisata jawatan yang sekarang kita kenal dan banyak bertebaran fotonya di media sosial.

Taman seluas 3.8 hektar ini akhirnya dipugar oleh bupati Anas ketika melihat bagaimana potensinya. Memang pak Anas memiliki banyak program yang fokus pada pemugaran lokasi wisata daerah.

Bahkan sampai akhir jabatannya masih banyak tempat wisata yang dipugar maupun baru berdiri. Jawatan merupakan salah satu destinasi pariwisata alternatif disediakan untuk semua orang.

Tentu sekarang kondisinya jauh lebih indah karena sudah mendapatkan perbaikan dan penambahan fasilitas. Sehingga para pengunjung bisa bebas menikmati liburan alam di tengah kota.

Kapan lagi bisa merasakan atmosfer hutan tanpa perlu perjalanan jauh. Hanya beberapa menit saja dari Banyuwangi kota Anda sudah bisa memperoleh sensasi yang luar biasa indahnya.

Ini Keunggulan Taman Wisata Jawatan

Ada beberapa keunggulan dari lokasi wisata yang perlu Anda ketahui sebelumnya. Tanpa ada poin yang direkayasa sehingga nanti ekspektasi Anda akan sesuai dengan keadaan sebenarnya di lapangan.

  1. Instagramable

Ini adalah nilai jual utama dari lokasi wisata yang menjadi daya tarik besar bagi wisatawan. Anda tidak perlu pergi ke Selandia Baru jika hanya ingin mendapatkan foto seperti di LOTR.

Ada beberapa spot foto ikonik sehingga bisa menjadikan timeline Instagram lebih bagus. Jika datang pada musim penghujan justru suasana bisa lebih maksimal karena kabutnya keluar.

  1. Fasilitas Lengkap

Taman wisata jawatan lokasinya berada di tengah perkotaan sehingga sarana prasarana juga lengkap. Karena para pengunjung tidak harus orang jauh bahkan para pekerja sering menyempatkan waktu beristirahat.

Fasilitas seperti MCK, mushala, wifi, dan lapangan olahraga bisa ditemui disini. Ternyata di jawatan tidak hanya untuk foto saja namun juga digunakan oleh pemuda sekitar untuk bermain futsal dan basket.

  1. Murah

Biaya masuk ke lokasi wisata hanya 5 ribu rupiah saja dan untuk parkir 2 ribu rupiah. Tentu saja ini masuk dalam kategori budget paling murah yang bisa Anda temukan di Banyuwangi.

Awalnya memang tidak ada biaya masuk atau parkir, namun seiring bertambahnya pengunjung kebijakan juga berubah. Biaya masuk tersebut digunakan untuk pemeliharaan kebersihan sarana prasarana.

Dengan mengetahui keunggulan tersebut tentunya Anda bisa menjadikannya sebagai sebuah pertimbangan. Apakah lokasi ini nanti cocok untuk didatangi saat berkunjung ke Banyuwangi atau tidak.

Ini Kekurangan Taman Wisata Jawatan

Tidak adil rasanya ketika hanya membahas keunggulan saja, sehingga kamu juga akan menjelaskan kekurangannya. Ada beberapa poin penting yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan.

  1. Tidak Semua Lokasi Seperti LOTR

Hanya terdapat beberapa spot saja yang terlihat seperti hutan dalam LOTR. Jadi jangan berharap bahwa ketika memasuki taman ini nanti lokasinya bisa seperti dalam dunia fantasi.

Taman jawatan ini sebenarnya adalah tempat penimbunan kayu. Jadi banyak pohon trembesi tua yang sudah tumbuh besar dan membuatnya terlihat seperti hutan dalam dunia fantasi.

  1. Musiman

Apabila berkunjung pada waktu biasanya maka atmosfer seperti film LOTR tidak akan ketemu. Tidak setiap sore kabut keluar, paling sering akan turun ketika musim hujan saja.

Sehingga pengunjung mungkin tidak akan menemui atmosfer seperti yang banyak dipromosikan. Ini hanya sebuah taman, jadi jangan harap akan mendapatkan lokasi sangat luas.

  1. Monotone

Ketika ingin berburu spot foto seperti di film LOTR sangat terbatas jumlahnya. Mungkin hanya ada beberapa lokasi saja yang instagramable ketika Anda berkunjung kesana.

Karena memang hanya ada dua jalur saja yang sering digunakan oleh para influencer mengambil gambar. Mereka juga masih melakukan editing lagi agar hasilnya bisa terlihat luar biasa.

Setelah mengetahui kurang dan lebihnya dari tempat ini tentu Anda dapat memutuskan sendiri. Apakah Taman wisata jawatan pantas untuk dijadikan destinasi wisata berikutnya atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *